Arti Hidup yang Sebenernya?

1 Okt 2013

Hore.. udah bulan Oktober. Welcome Oktober, Wish gue di bulan Oktober ini cuma 1 yaitu bisa ngejalanin hidup ini dengan baik dan bisa ngebanggai kedua orang tua. *Aamiin
Ini adalah postingan pertama gue di Awal Oktober ini. Gue kepikiran, "ARTI HIDUP YANG SEBENARNYA ITU APA?" Kalian tau APA ITU? Bicara soal arti hidup? "apakah arti hidup ini? arti hidup yang hanya bersifat sementara bukan lah yang abadi"


    

Hidup di dunia mempunyai banyak maknanya, tapi dalam kehidupan ini emang gak ada yang abadi. Menurut ku hidup itu: susah, penuh dengan perjuangan serta pengorbanan. Apakah arti hidup kalau tidak ada yang menyemangati kita bukan? apa arti hidup kalo tidak ada orang di samping kita? pasti suram, sepi dan pastinya kita kebingungan. Manusia itu memang tidak lepas dari bantuan orang lain, karna kita; makhluk sosial. Ada yang bilang "arti hidup ku itu kamu" yaelah, yang ini ma raja gombal -__-
To the point aja deh ya. Kata sebagian orang mengenai arti hidup :



"hidup itu penuh dengan impian dan semangat"

“hidup ini untuk ibadah dan untuk menyiapkan bekal untuk hidup yang lebih kekal di akhirat nanti.”
“Hidup adalah untuk dijalani.”
"Hidup itu penuh dengan cinta dan keyakinan"
"Hidup itu sederhana" 
"hidup adalah anugerah yang harus kita syukuri, walau hidup ini terkadang pait, kadang manis . Itulah liku-liku kehidupan"


Jika kamu bertanya kepada seribu orang yang berbeda mengenai apa arti hidup, mereka pasti akan memberikan seribu jawaban yang berbeda pula. Memang benar.!! Setiap manusia memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang arti hidup ini. Persepsi itu didasarkan pada pandangan serta tingkat keimanan masing-masing orang.

Sebenarnya apa arti hidup menurut agama islam? 

1. Hidup ini kesemuanya adalah ujian dari Allah SWT
Hidup adalah untuk menguji apakah seorang manusia bersyukur atau kufur kepada Allah SWT.Allah berfirman dalam QS Al Mulk [67] : 2 yang terjemahnya : ” (ALLAH) yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. ”
2. Kehidupan dunia ini lebih rendah dibandingkan kehidupan akhirat.
Sebagaimana dalam QS Adh Dhuha [93]:4, “dan sesungguhnya hari kemudian (akhirat) itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).”
Atau dalam QS Ali ‘Imran [3]:14, “dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).
3. Kehidupan dunia ini hanya sementara
Boleh jadi saat ini kita dalam kondisi sehat wal ‘afiat, gagah, cantik, kulit mulus, dll. Tapi ada saatnya ketika kita kemudian menjadi tua, keriput, lemah, pikun, dan akhirnya dipanggil ke sisi Allah SWT.
Dalam QS Al Mu’min [40]:39, Allah berfirman, “Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal. “
4. Kehidupan ini adalah ladang amal untuk kesuksesan akhirat
Ali bin Abi Thalib ra. Berkata bahwa sesungguhnya hari ini adalah hari untuk beramal bukan untuk hisab (perhitungan) dan esok (akhirat) adalah hari perhitungan bukan untuk beramal. Ketika seseorang meninggal dunia maka terputuslah semua amal perbuatannya dan ia tinggal menunggu masa untuk mempertanggungjawabkan semua amal perbuatannya di dunia. Bekal kita adalah ibadah kepada Allah SWT. Ibadah bukan sekedar sholat atau zakat, tetapi segala aktivitas hidup kita akan bernilai ibadah jika diniatkan karena Allah SWT.
Mama pernah bilang bahwa  : 
Hidup adalah anugerah, terimalah ;-)
Hidup adalah perjalanan, nikmatilah :-)
Hidup adalah tantangan, hadapilah ('-')9
Hidup adalah pertandingan, menangkanlah ('-')9
Hidup adalah tugas, selesaikanlah ;-) 


INGET: 
"jangan pernah ngerasa puas tentang apa yang kamu dapatkan, jangan ngerasa bangga dengan kepintaran, ketampanan dan kecantikan mu dan jangan ngerasa sombong dengan harta kekayaan mu"
Gak ada yang abadi guys, inget ya! :-) 


Apa sih Arti Hidup menurut kamu? Silahkan Coment

Oke, terimakasih udah baca, semoga bermanfaat :-)  
                                         Wasalam.. @FebriyPondlif

2 komentar:

  1. bagi gue hidup itu satu hal yang cuma gue rasain satu kali, dan harus gue manfaatin banget, ga boleh ada sedihnya dong. kalo lo sedih nanti juga ilang, idup aja ga abadi, apalagi kesedihan yang cuma sebagian kecil ada di kehidupan. haha followback blog gue ya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seep.. Benar! hidup itu harus di jalanin, sebesar apa pun jobaan di kehidupan itu pun juga terus di jalani..

      Hapus