Ala Gue; Tips PDKT

27 Mei 2015
Haho!! Akhirnya sempat juga buat nulis artikel. Ini merupakan segmen baru di blog ini, yang gue beri nama "Ala Gue", merupakan sebuat tema untuk menulis artikel yang berbau Ala-Alaan, yap ini merupakan artikel pertamanya. Baiklah tanpa basi-basi langsung aja.

Jadi sebenarnya begini, kemaren gue sempat jalan ke kostan teman gue. Banyak hal-hal nggak penting yang kami bicarakan waktu itu. 

Mulai dari :

"kenapa mbak-mbak Alfamart nggak ramah kayak mbak-mbaknya Indomaret?"

"Kenapa telur mata sapi itu namanya telur mata sapi? Emang, matanya sapi itu telur ya?"

"Kalau matanya sapi itu telur, terus telurnya sapi apa dong?"

Oke, pertanyaan yang terakhir agak sedikit ambigu. Jadi, tolong abaikan.

Memang banyak hal-hal nggak penting yang kami bahas saat itu. Hingga tiba-tiba kami terdiam. Suasana hening sekali waktu itu. Kami saling berpandangan, dan mata kami saling bertemu.

Tiba-tiba temen gue itu bertanya.

Briy, cara PDKT sama cewek tuh gimana sih?

Pada saat itu gue benar-benar terhenyak dengan pertanyaan teman gue. Kok bisa ya? Kok... bisa dia nanya seperti itu ke gue, padahal dia kan tahu gue udah lama kagak pernah pacaran (lagi), sehingga gue agak sedikit lupa dengan yang namanya PDKT.

Karena gue ini tipe teman yang baik dan ganteng (nggak pake serigala ya), akhirnya dengan segala pengalaman gue di dunia percintaan, gue berikan dia sedikit tips-tips. Mau tau apa aja tips yang gue berikan ke dia? Yuk, terus nyimak.

1. Apa Adanya Aja

Ini poin pertama yang gue jelaskan ke dia. Dulu ketika gue masih jadi anak sekolahan, saat gue PDKT sama cewek, gue tuh sering menjadi orang lain demi menarik perhatian cewek yang gue suka. Maksudnya gini, ketika PDKT, gue akan berusaha bersikap manis di depan cewek itu. 

Selanjutnya, gue akan berusaha untuk menyamakan kesukaan atau hobby gue dengan cewek yang sedang gue dekati. Misalnya, cewek yang gue taksir ini suka dengan yang namanya boyband-boyband gitu. Iya, boyband itu sekumpulan cowok yang menggunakan baju dengan belahan dada yang rendah itu.

Awalnya sih gue paling nggak suka dengan yang namanya boyband. Karena menurut gue, mereka itu lebay. Kebanyakan joget daripada nyanyinya. Tapi, karena gue lagi dekat dengan cewek yang sukanya dengan grup vocal semi cowok itu, ya mau nggak mau gue juga harus suka.

Tapi itu dulu, sebelum gue tumbuh dan jadi dewasa seperti sekarang ini. Seiring berjalannya waktu, gue jadi nyadar. Nggak seharusnya gue begitu. Berusaha mencocok-cocokan kesukaan gue dan dia, karena itu hanya akan membuat gue jadi nggak nyaman. 

Sekarang gue berfikir, saat PDKT lebih baik gue bersikap apa adanya aja. Gue harus nunjukin ke dia semua sifat asli gue ke dia ketika PDKT. Masalah dia mau nerima atau nggak sifat gue, ya itu sih terserah dia.

Terkadang ada sebagian orang di saat PDKT, mereka berusaha untuk bersikap manis, perhatian, pengertian. Tapi setelah jadian, sikapnya berubah 360 derajat. 

Kenapa mereka jadi berubah?

Jawabannya sih simpel. Karena waktu PDKT, mereka lebih memilih menjadi orang lain. Ketika sudah jadian, cepat atau lambat sifat aslinya akan keluar. Karena setiap orang tidak akan pernah tahan untuk terus berpura-pura. Oleh karena itu, kalau lo sedang PDKT, jadilah apa adanya aja. Bukan ada apa-apanya :)

2. Jangan Basi

Ini tips gue yang kedua. Jangan basi disini berarti, lo jangan melakukan atau menanyakan hal-hal yang sudah terlalu biasa atau udah basi dan di lakukan berkali-kali. Contoh pertanyaan basi kayak gini nih :

"Kalau aku bbm kamu, ada yang marah nggak?"

"oh, aku ganggu ya? Sorry deh kalau gitu"

"Udah makan?"

"udah napas?"

"Tadi pagi bokernya keras atau encer?"

Beroh, jangan lo tanyain pertanyaan di atas sampe berkali-kali. Karena itu akan membuat cewek yang lo suka jadi bosan. Intinya gini deh, lo harus nunjukin ke dia kalau lo itu adalah pribadi yang spesial. Pribadi yang beda dari pada yang lain. 

Gue yakin, setiap orang pasti punya kepribadian yang berbeda-beda dan nggak bisa ditiru sama orang lain. Hal itulah yang harus lo temukan dari diri lo. 

Contohnya gini, semua orang pasti bisa meniru sms yang diketik oleh Ariel Noah, namun mereka tidak akan mendapatkan hasil yang sama. Sms itu menjadi spesial karena pengirimnya, bukan isinya. So, jadilah pribadi yang spesial beroh.

3. Santai, santai, dan santai

Ini tips gue yang ketiga. Saat PDKT, lo itu harus tetap santai. Jangan sampai grogi dan jadinya malah basi. Lo harus sadar kelebihan lo dimana. 

Misalnya gini nih, lo punya selera humor yang tinggi. Kalau sedang ngumpul sama teman-teman, lo bakal ngelawak yang buat teman-teman lo tertawa terbahak-bahak. Tapi, ketika telponan atau sms sama cewek yang lo taksir, malah jadi orang dengan pertanyaan-pertanyaan basi yang gue sebut di atas tadi. 

Semua itu terjadi karena lo terlalu grogi. Makanya gue bilang, santai. Buatlah dia tertawa seperti lo membuat teman-teman lo tertawa. Karena gue pernah mendengar, ada sebagian cewek yang suka dengan cowok yang humoris. Tapi ingat, lo harus membuat dia tertawa, bukan membuatnya menertawakan lo. Ingat.

4. Jadi orang yang asik

Ini tips gue yang terakhir. Jadilah orang yang asik, tapi jangan sok asik. Lo harus bisa bedakan yang asik dan yang sok asik. Banyak kok cara yang bisa lo pakai untuk nunjukin ke dia bahwa lo adalah tipe orang yang asik. Salah satu dengan berbicara. 

Ajak dia ngobrol, bukan mewawancarai dia. Oke mungkin lo nggak paham dengan yang gue maksud. Ini nih contoh beberapa pertanyaan yang seolah-olah lo sedang mewawancarai dia:

-Namanya kamu siapa?
-Kuliah dimana?
-Jurusan apa?
-Umur kamu berapa?
-Zodiak kamu apa?
-Hobi kamu apa?
-Bulu ketek kamu sudah berapa?

Beroh, kalian kan ingin PDKT, bukannya mau ngelamar kerja. Jadi hindari dengan pertanyaan-pertanyaan yang membuat lo seperti wartawan.

Jangan hanya memberikan dia pertanyaan. Yang harus lo lakukan adalah, menceritakan hal-hal seru tentang dirimu. Tapi jangan terlalu memuji diri sendiri juga. Itu hanya membuat cewek menganggap kita cowok yang sombong. Secukupnya aja. Intinya, lo jadi orang yang nyambung ketika berbicara. Percuma dong muka ganteng, tapi pas di ajak ngobrol nggak nyambung. Dan lebih percuma lagi kalau lo ganteng, eh ternyata serigala. 

*oke ini nggak nyambung banget*

Ini akhir postingan gue. Ini tips PDKT ala gue. Gimana tips PDKT ala lo? Yuk sharing di kolom komentar ya :) 

22 komentar:

  1. Duhh, aku gak bisa PDKT...
    Biasanya di PDKT-in. huahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iyalah kamu kan cewek keleess, duh duh! Sini aku PDKT-in, mau gak?

      Hapus
  2. Kalo ala gueee, tarik ulur hehe. Tambahin tuh buat jadi no 5. Jadi jangan keseringan terlalu cepet bales. Kalo siang yaa pelan" aja bales chat nya, jadi keliatan lo itu cowok yg sibuk dan punya banyak kegiatan. Kalo mau cepet bales bisa agak maleman gitu. Dijamin ampuh deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apaan sih, gue mah lebih milih apa adanya aja. Hehe :D Simple kan?

      Hapus
  3. Setuju gue sama nih postingan

    BalasHapus
  4. Yap,, saya pling setuju sama "apa adanya aja" tetap menjadi diri kita yang 'aneh' segoblok atau sejelek apapun kita paling tidak kita nanti bakalan ngerti seperti apa orang yang bener2 tertarik sama keanehan kita. dan paling enggak itu bisa jadi referensi buat cari pasangan yang cocok di tempat lain.
    kalo boleh nambahin,, "jangan terlalu ambisius mendapatkannya" ini bakalan membantu lo makin nyantai kalo di depannya,selain itu terlalu berharap juga bisa bakalan bikin blunder besar nantinya.. cukup dengan ngobrol intens saat bertemu dengannya.. dan sesekali memberi perhatian kecil lewat medsos.. jika feedbacknya menandakan ada peluang, baru mulai dengan obrolan yang lebih intim,, dan saat dia udah mulai cerita tentang bapaknya yang mulai nanyain kapan kawin.-maksudnya udah mulai terbuka dan nyaman membagi privasi dan masalahnya ke lu.
    sikatt aja!!hahaha..
    dan yang hampir ketinggalan dan yang paling penting,,, "SOPAN SANTUN"


    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini komentarnya terlalu ke panjangan mas. Seep oke!

      Hapus
  5. wajib diii catattt nihh tips pdkt nya hehehe

    BalasHapus
  6. ciaat ciaaattt.. postingannya super banget, ditunggu lah ada yang meraktekin tips itu ke gue wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiah jiah, jomblo ya.. Duh cantik-cantik jomblo, kasian..

      Hapus
  7. Risih bgt yang kayak wawancara :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha nggak juga sih, yang lebih tepatnya sebuah "Percakapan"

      Hapus
  8. Hahahahaha selain pertanyaan udah makan dan udah nafas ada lagi yang nyebelin.... ketika ada cowok yang ngechatnya sering tapi kerjaanya nanya: "Lagi ngapain?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh! Kamu sakit ya, gih minum obat. Nih juga perlu di perifikasi, obat itu di telan bukan diminum.. :D

      Hapus
  9. Tips PDKT....
    Hmmm... Hmmm... *manggut*manggut*
    Yang paling penting, sih, jadi diri sendiri. Apa adanya gitu. Sepakat. :)

    BalasHapus
  10. santai, jangan buru-buru berkomitmen. kaya di iklan minuman itu tu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh duh! Kalo lama banget mutusin komitmen lalu doi di embat yang lain gimana?

      Hapus