Beberapa Persoalan Ketika UAS

11 Mar 2014
Akhirnya mosting lagi nih. Setelah 7 hari vakum ngeblog akhirnya mosting. Cihuuuiii!! Senang dong ya!! Sebenarnya sih artikel kali ini sambungan dari artikel sebelumunya yaitu tentang 'Fokus Untuk Ujian Sekolah!'

Nah, kali ini gue bakal membahas tentang Beberapa Persoalan yang di hadapi Ketika UAS. Apa yang terpikir di benak kalian tentang kata-kata tersebut. UAS adalah tahap akhir yang menentukan tingkatan kita untuk melanjutkan kuliah, kerja, atau nganggung. :D Itu sih menurut gue.. tapi kalo mau tau pengertian lengkapnya tentang UAS baca aja di wikipedia. Atau corat-coret di google. Ribet ya!



Ada sebuah pertanyaan dari temen mencapuk tentang UAS.
Apa sih yang harus kita lakukan untuk menghadapi UAS?
Lalu gue menjawab..
Lo cukup ngikutin langkah berikut, dan lo terapin dalam metode balajar elu setiap harinya.


1. Gaya Belajar
Loh kenapa gaya belajar? yap, gaya belajar itu sangat membantuk kita untuk dapat memahami pelajaran, kok bisa? Gaya belajar setiap orang berbeda artinya setiap orang memiliki kenyaman tersendiri untuk memahami pelajaran. Nah dengan kenyamanan itu kita bisa menikmati pelajaran sehingga kita dapat maksimal menyerap pelajaran. Kalau begitu gaya belajar apa yang membuat kamu merasa nyaman?

2. Fokus
Kalo kita membayangkan ada guru yang sedang menjelaskan pasti terasa bete, tapi perlu diketahui ternyata banyak soal-soal UTS atau UAS yang tidak ada di buku LKS maupun di buku paket, lalu ada dimana jawaban tersebut? jawaban tersebut ada di penjelasan guru. Nah ketika guru sedang menjelaskan usahakan untuk tetap fokus, kenapa? agar informasi yang diberikan dari guru dapat kita serap dengan maksimal, so yuk kita tetap fokus ketika guru sedang menjelaskan.

3. Mengulang
Yap mengulang itu adalah inti dari belajar, kok bisa? yah tentu bisa. Kita lihat saja seorang anak kecil yang selalu mengulang untuk mencoba berdiri dan berjalan, apakah berhasil? begitu juga dengan belajar, tapi kan terkadang malas atau gak sempat, bagaimana? kita bisa mencoba sega strategi, mulai dari belajar kelompok hingga mengikuti bimbingan belajar agar kita memiliki teman yang bisa berbagi semangat untuk mengulang.

Segitu aja sih menurut gue.. Gimana? Mudah kan?
Sekarang tergantung di diri lo masing-masing untuk menerapkan langkah-langkah tersebut di setiap kali lo belajar. Hahah :D

***

Ada yang bilang UAS itu adalah neraka. Ada juga yang bilang bahwa UAS adalah sebuah jembatan yang panjang dan di bawah jembatan tersebut ada jurang yang dalam. Ahh terserah lo dah mau nganggap UAS itu apa. Yang jelas menurut gue UAS itu harus di hadapi, dihadapi dalam tanda kutip "Harus di Lewati" yah sama aja..

Ngomongin masalah UAS, tentunya setiap menjelang UAS atau sedang menjalankan UAS semua siswa pasti selalu mengalami persoalan-persoalan, yang pasti persoalan-persoalan tersebut persoalan yang berbau ngeselin gitu deh, dan gue juga merasakan hal yang sama. Kenapa? Karena gue takut gak lulus. Ini nih, Inti dari postingan gue pada kali ini. Beberapa Persoalan yang dihadapi Ketika UAS

Apa aja tuh kira-kira? Nih cekidot!
  • Lupa bawa Alat Tulis
Ketika UAS, rasanya Alat tulis begitu penting. Pensil 2B, Pulpen, Papan ABO, Penghapus, bahkan Tipe-Eks pun sangat penting. Saking pentingnya, kita bahkan mempersiapkan dengan membeli baru. Namun terkadang walaupun sudah dibeli, lupa dimasukin ke Tas, dan tertinggal deh. Alhasil beli baru lagi.

  • Teman Yang Pura-Pura Budeg
Dalam mengerjakan UAS, palingtidak kamu pasti menyontek untuk satu soal. Kejadian Contek menyontek ini terkadang bikin sakit hati. Saat kita bertanya, tak jarang bertemu sama teman yang budeg. Padahal dia dengar, namun karena pelit memberi jawaban, dia jadi Budeg. Ada juga teman yang sok-sok nggak tau jawaban, padahal ketika lo intip, nomor itu sudah diisi. Kaga beda jauh sama si Budeg

Lo: "Bro, Tunjukin gua nomor 2 donk"
Teman: "Belum gua isi bro"
  • Memberi Jawaban Dengan Cepat
Persoalan lainnya adalah, ketika lo bertanya dan langsung saja teman lo memberi jawaban tanpa melihat lembar jawabannya, itu sama saja dengan BOHONG. Bisa jadi jawaban yang di berikan temen lo tersebut adalah jawaban yang salah. Kan bisa berabe nih ceritanya. Jadi, kalau mau yakin perhatikan teman lo ketika memberi jawaban. kalau dia memberi jawaban setelah melihat lembar jawabannya baru kamu contek.

  • Dapat Pengawas Killer
No Comment jika lo mendapat pengawas yang Killer, lo tahu sendiri akibatnya jika ketahuan mencontek. Hahaha.. Gue juga pernah dulu waktu UAS tingkat SMP mendapatkan pengawan yang killer. Tau apa akibatnya ketika kita mencontek dan ketauan oleh pengawas yag killer tersebut, akibatnya adalah lo di marahin dan lembar jawaban yang telah lo contek tersebut di robekin. nah berabe banged kan.


Udah ahh cuma segitu postingan gue. Moga-moga bermanfaat buat gue kalian!

23 komentar:

  1. Ketinggalan kartu ujian juga males, kudu lapor dulu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Iya.. dan kalo gak bisa jemput gak di bolehin ujian

      Hapus
  2. Makanya, bro...

    Nyontek tuh lebih macho daripada ngerokok...

    BalasHapus
  3. Nyontek itu boleh, yang nggak boleh itu ngeliat punya temen.

    Gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiah.. sama aja.. Ahh ada ada aja deh :D

      Hapus
  4. Duduk di barisan depan juga tuh --"

    BalasHapus
  5. Gaya Belajar? yang ada tuh "Gaya banget lu pake belajar" ini lebih tepat nya, gua aja belajar berasa ga dibolehin sama temen gua, entah kenapa gua malah bego, malah nurut-nurut aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup lo bergantung pada teman ya? *Bego?

      Hapus
  6. untung gue kalo uas selalu nyontek, pensil dan alat tulis lainnya juga minjem sama temen #HidupIniIndah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih untung uas 5 paket. Kalo pas un nanti 20 paket, lo nyontek ke siapa? hayooo -__-

      Hapus
  7. lupa bawa alat tulis -_-..

    btw, folback blog aku jg ya . salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. itu mah salah sendiri..

      dah tu, di cek!!

      Hapus
  8. Balasan
    1. Cie cie.. purak-ourak budeg! Cantik kok purak-purak budeg sih :3

      Hapus
  9. Setiap peserta UAS hendaknya memegang prinsip "Posisi Menetukan "Prestasi"

    BalasHapus
  10. Kalo gue dikampus, peraturannya ribet. telat satu menit ga boleh ikut ujian, harus ikut ujian susulan yang dikenakan biaya rp.100.000 per mata kuliah -_-

    BalasHapus
  11. eh, boleh dong minta saran dan kritiknya, gue baru mulai nge blog nih >> hangume.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah di lihat kok blognya.. Simple dan Elegan. Rajin-rajin aja posting artikel. :)

      Hapus