MARI KITA NGEBLOG!

2 Mar 2014

Mengapa kita harus ngeblog? Apa alasannya? Apasih untungnya punya blog? Mungkin itulah yang menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Berbicara mengenai manfaat ngeblog memang gak ada matinya sehingga berapa waktu yang lalu sayapun sempat terlibat dalam suatu perbincangan dengan seorang teman mengenai manfaat dan pentingnya mempunyai blog. Itulah yang mendasari saya akhirnya menulis postingan "MARI KITA NGEBLOG!" kali ini. Tulisan kali ini merupakan refleksi dari diri saya sendiri tentang arti pentingnya dari sebuah hal kecil yaitu ngeblog, yang selama ini menjadi hobby saya, atau bahkan menjadi bagian dari diri saya sendiri yang sulit untuk dipisahkan... (sorry, lebay dikit). ngoooooook#



Bloging dapat dibuat bukan hanya di blogger, banyak penyedia layanan blogging gratis seperti wordpress, blogdetik, tumblr, dan lain sebagainya. Saya pribadi tidak mengkhususkan untuk menggunakan layanan tertentu, pilihlah salah satu layanan yang memudahkan anda dalam membuat dan mempelajarinya. Bukan hanya mempunyai blog, karena banyak juga yang mempunyai blog tapi masih pasif dan jarang diisi. Berikut adalah beberapa point yang saya pahami tentang arti pentingnya dari kegiatan blogging:

"Blogging adalah kegiatan yang positif" Inilah yang pertama dan paling utama menjadi alasan saya untuk blogging. Disaat waktu senggang, lebih baik waktu kita gunakan untuk kegiatan yang positif bukan? Ada suatu ayat yang menyatakan, jika kita tidak disibukkan dengan kegiatan positif, maka syetan akan menjerumuskan kita kepada kegiatan2 negatif. Banyak bisa kita lihat dari teman2 yang lain, mungkin saat mereka membuka laptop dan online yang dibuka hanya fesbuk, twitter, atau media sosial yang lain.. Apa untungnya? Berbagi kegalauan kah? Tentunya akan menjadi kebanggan tersendiri saat yang kita membuka laptop, blogging, lalu posting.. dan dengan cepat banyak yang membaca dan mengomentari artikel kita.. tentunya bukan komentar ikutan galau.


"Blogging bisa nambah teman dan nambah ilmu" Inilah keuntungan mempunyai blog.. dengan rajin ngeposting artikle yang baik, pasti akan mendapat respon yang baik pula dari teman sesama blogger. Tentunya, kita juga harus rajin pula bersilaturahim mengunjungi blog teman. Untuk membuat artikle yang baik dan bermutu, tentunya kita harus putar otak untuk mencari berbagai referensi dari berbagai media.. dengan mencari itulah otomatis ilmu kita akan bertambah.

"Blogging adalah seni" Bagi saya sendiri, ngeblog adalah suatu karya seni artistik yang mencerminkan diri kita. Keasyikan dalam mendesign tampilan blog, mengatur tata letak, dan memberi berbagai widget pemanis, mengisi content yg bermutu, bukanlah hal yang mudah. Dan akan menjadi kepuasan tersendiri jika blog kita banyak disukai oleh pembaca. Jika kita tidak dapat melakukan hal banyak dalam dunia seni; melukis, memahat, mengukir, atau yang lain contohnya.. cukup blog yang menjadi masterpiece, saksi hidup kita, peninggalan kita, jika suatu saat kita tiada. Bagaimana dengan blog copas? Mending tidak usah dibahas disini..

"Ngeblog sarana berbagi" Apasih yang bisa kita bagi? Banyak... Ilmu, pengalaman, pengetahuan, informasi, bagi software yang bermanfaat, bagi-bagi duit juga bisa kalo mau. Pernah tidak suatu saat anda mencari informasi di google yang sangat penting bagi kita tapi tidak menemukannya? Jawabannya pasti pernah atau bahkan sering.. dan setelah itu anda menadapatkannya dari referensi lain. Kenapa setelah anda dapat tidak anda share ke yang lain? Mungkin akan menjadi amalan anda jika yang anda share adalah informasi positif yang dibutuhkan banyak orang.
Kenapa harus pelit ilmu jika ilmu yang anda share adalah tabungan amalan anda kelak di hari akhir? dan tentunya, ilmu kita gak akan berkurang bukan.. "Tapi saya takut article saya di copas.." Memang dari segi tertentu kita rugi jika blog kita di copas, tapi taukah kawan jika blog kita di copas berarti artikel kita memang bermutu dan layak untuk disebar luaskan, dan dari segi amalan kita tetap dapat yang terbanyak. "Tapi saya gak bisa bikin tulisan yang bagus..". Saya juga!

"Blogging bisa nambah teman dan nambah ilmu" Inilah keuntungan mempunyai blog.. dengan rajin ngeposting artikle yang baik, pasti akan mendapat respon yang baik pula dari teman sesama blogger. Tentunya, kita juga harus rajin pula bersilaturahim mengunjungi blog teman. Untuk membuat artikle yang baik dan bermutu, tentunya kita harus putar otak untuk mencari berbagai referensi dari berbagai media.. dengan mencari itulah otomatis ilmu kita akan bertambah.

"Dengan ngeblog, bisa menghasilkan uang" Nah, jika blog anda mulai ramai dan banyak disukai pengunjung otomatis banyak product yang ingin menempelkan iklannya pada blog anda, tentunya hal ini membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Atau jika anda mau, anda bisa mengiklankan product atau jasa yang anda kelola sendiri. Syukur2 jika anda mau belajar SEO (Search Engine Optimization), kini sudah banyak blog yang membahas tentang hal itu. Tapi jangan lupa.. luruskan niat anda dulu sebelum ngeblog. Kalau belum apa2 sudah ingin dapet duit dari blog, ya jangan harap blog anda bisa bertahan lama. Nikmati dulu prosesnya, kelak pasti anda tau bagaimana teknik jitu mencari uang lewat blog.. percaya deh!

Udah ngerti kan!

Dalam tanda kutip : "Mempunyai blog sekaligus melakukan aktifas di blog juga dapat menambah teman."

Setelah kalian memahami point yang di atas, pasti kelian heran kan. Heram karena apa hayo? :D Pasti akan muncul sebuah pertanyaan seperti ini.
Kenapa saya Harus Ngeblog?
Pertanyaan di atas termasuk pertanyaan yang sulit untuk saya jawab.
Kenapa?? Karena saya baru-baru ini mengenal blog.
Saya pertama kali fokus ngeblog di awal tahun 2013 tepatnya pada bulan juli.

Nah langsung aja, Ini nih manfaat dari ngeblog.... (Dipahami baik-baik ya)

1. Bisa sharing ilmu dengan blogger di luaran sana. 
Yup, banyak sekali blogger berkelian di dunia maya, bisa mencari kriteria blog yang sesuai dengan pembahasan blog kalian sendiri sebagai acuan dan perbandingan dalam mengembangkan blog.

2. Menjalin silaturahmi antara sesama blogger.
Tanpa adanya bloger-bloger diluar sana, blog kalian tidak ada apa-apanya, mulailah setiap kalian berkunjung di blog orang lain dengan berkomentar di dalam blognya ataupun sekedar sapa-sapa saja. Dengan adanya obrolan sederhana seperti itu, blog kalian setidaknya akan dikunjungi balik oleh blog yang kalian sapa tersebut.

3. Kepuasan tersendiri.
Pada hal ini, ada kepuasan tersendiri yang kalian rasakan saat ngeblog, diantaranya membuat suatu postingan yang banyak pembacanya, tidak ada salahnya kita berpromosi postingan ke blog orang lain asal sesuai prosedur dan aturan yang berlaku dalam blog yang kalian kunjungi.

4. Blog juga bisa untuk ber-Bisnis.
Nah untuk yang ini harus bisa fokuskan blog untuk bisnis, salah satunya dengan memasang iklan di dalam blog. Pundi-pundi uang mengalir, dan kalian bisa jadi semangat dalam hal ngeblog.

5. Melatih Kemampuan Mengetik dan Menambah Wawasan.
Hal ini saya rasakan sendiri sejak saya fokus ngeblog, kemampuan mengetik saya menjadi meningkat dan wawasan saya di dunia blog juga semakin bertambah. Dengan melihat blog-blog di luar sana dengan topik yang berbeda-beda, akan menambah ilmu untuk kita sendiri..

Kalo ngeblog tidak harus setiap saat membuat postingan, tapi alangkah baiknya juga mempunyai postingan yang banyak dan bermanfaat bagi orang lain yang membacanya. nah#
Sekian artikel dari saya untuk mengawali bulan Bulan Maret ini. Artikel ini bisa kalian anggap curhatan. Yaitu curhatan saya mengenai "MARI KITA NGEBLOG!". Intinya jangan pernah berhenti ngeblog ya Teman, karena banyak sekali manfaaat yang kita dapatkan dari ngeblog.

22 komentar:

  1. Saya ngeblog untuk membekukan kenangan :)) Hehehe.
    Salam kenal ya. Sudah di follow nih blognya. Semoga ngga cuma follow2an aja, tapi sering-sering mampir ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. benar! Ada banyak pandangan lain tentang ngeblog.. Oke segera keTKP, gak cuma sekedar saling follow, tapi saling ngomen-ngomen artikel seperti ini juga..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Emang asyiik bang.. tapi lebih asyik lagi kalo abang nge-Follback blog aku.. :3

      Hapus
  3. Oke..bro, mari ngeblog.. mari follbek juga dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhaha.. dan mari tulis link blognya.. biar segera keTKP :D

      Hapus
  4. poin yang paling saya suka "blogging adalah seni" (ciee...:D)
    ngomong ngomong soal seni blog kamu bagus dan saya suka dengan design header'a...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull.. Blog adalah seni, seperti seni mendesain tamplate, widget, dll. :D
      Hehe.. makasi makasi.. Hihiw... di puji deh

      Hapus
  5. Nge-blog itu passion. Kalo udah bisa menempatkan blog di passion, semua hal tadi kayaknya ngikutin secara otomatis. Hehe

    Salam kenal, kunjungan perdana nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. ini nih! Komentar yang langka.. Ane sih juga kurang tausob, apa passion, yg itu itu pasti keren banged. :D
      Oke.. salam kenal kembali, di tunggu kunjungan Keduaxxx, Ketigaxxz, Keempatxxz dll :D

      Hapus
  6. nyasar ketempat yang bener nih gue.
    keren blognya :)
    tanpa sadar tangan udah mencet follow
    silahkan bang mampir mampir di http://karinara.blogspot.com/
    baru banget belajar ngeblog, minta saran ya sama follow nya juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiah... nyasar ya! Bagus maka anda akan nyaman berada di sini :3

      Hapus
  7. hahaha iya nyaman
    bagi bagi ilmu bikin blog kece kaya gini ya bang febriy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. abang belum bikin tutor dekk... belum sempat, soalnya kita harus flashback dulu buat nginget nya, setelah di ingat baru deh cari di google.. lama prosesnya!

      Hapus
    2. oke ditunggu tutornya :)
      bang follback blog suram ini dong bang http://karinara.blogspot.com/ hehehe :D
      makasih abang

      Hapus
    3. Hehe.. :) Insyaallah ya :)

      Hapus
  8. keren tulisan nya, semakin semangat gue buat ngeblog ! menurut gue sendiri ngeblog suatu hal yang kalo enggak di lakuin dalam seminggu terasa ada yang kurang, karena buat sebagian orang menulis dan sharing juga sebuah kepuasan, terdapat kebahagiaan yang gak bisa di jelasin.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum gue bales gue mau ngucapin Mbb dulu! (maap baru bales)
      Tetep optimis ya bro, optimis dengan tulisannya dan dengan kegiatan ngeblog nya.. :)

      Hapus
  9. ngeblog itu meleps kan penat kehidupan dan untuk berbagi keceriaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap! Pendapat anda bisa di terima :)

      Hapus
  10. ada artikel juga yang bagus tentang blogging :D
    http://www.johnchow.com/how-to-make-2012-your-best-blogging-year/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke.. Artikelnya segera di baca :)

      Hapus