Fenomena di masa-masa SD

10 Jun 2014

Masa-masa SD merupakan masa-masa yang paling indah yang pernah kita lewati. Kalo kalian ingat-ingat masa SD kalian yang lampau mungkin kalian akan tertawa sendiri di buatnya. Itu lah yang gue alamin sebelum gue membuat artikel ini. Artikel yang berjudul Fenomena di masa-masa SD, postingan ini gue rangkum dari sedikit Fenomena di waktu gue SD yang Mungkin juga di alami oleh orang-orang.

Oke dari pada banyak basa-basi gak jelas, langsung aja ya gue bahas sekaligus mungkin kalian bisa bernostalgila (ehh.. bernostalgia masksudnya). Let’s cekidot!


1. Fenomena Ksatria Baja Hitam
Waktu gue masih SD dulu, gue ngefans banget sama ni film. Sampe-sampe gue pernah nangis-nangis 7 hari 7 malem ke nyokap buat minta ngebeliin pedang Ksatria Baja Hitam.


Pernah juga waktu itu gue nonton tu film sambil berlaga kayak Kotaro Minami (si Ksatria Baja Hitam) dengan jurus-jurus tendangan mautnya. Alhasil, gue pun nabrak sofa dan kepala gue jadi gede sebelah (alias: benjol). Terus saking ngefans-nya gue sama tu film, pas hujan gede lagi melanda daerah rumah gue dan suara petir bergema di mana-mana, gue gak ngepeduliin kata-kata nyokap buat matiin TV. Dan akhirnya... “DUAAARR”.. TV gue kebelah jadi dua karena kesambar petir. *Oke yang ini terlalu lebay*

2. Fenomena Panji Manusia Milenium dan Saras 008
Nah kalo yang ini adalah beberapa film buatan anak negeri yang juga gue suka waktu masih SD, yaitu Panji Manusia Alumunium (waduh salah... Milenium maksudnya) dan Saras 008.



Ketika itu gue minta buat dibeliin baju Panji yang sekaligus berhadiah kacamata pahlawannya. Temen-temen gue yang waktu itu terkena korban film juga minta ke nyokapnya buat minta dibeliin baju Panji. Alhasil, gue sama temen-temen pun make baju Panji pas lagi jalan-jalan main dan bukannya jadi terlihat kayak Panji Manusia Milenium, malah jadi terlihat kayak segerombolan bocah alien yang lagi nyasar kehilangan orangtuanya.

Kedua film itu mungkin sekarang udah gak bakal diputer lagi di TV,  dan gue kangen banget masa-masa itu.

3. Fenomena Sinetron Tersanjung
Masih inget aja gue sama sinetron yang satu ini. Sinetron ‘Tersanjung’, mungkin pada saat itu sama aja kayak sinetron ‘Cinta Fitri’ saat ini. Sampe-sampe karena saking sukanya masyarakat Indonesia sama sinetron ini, dibuat sampe 8 season. BAYANGIN AJA... 8 SEASON!!! *gue ulang biar keliatan dramatis*

Gue juga waktu itu merupakan salah satu dari sekian banyak anak SD yang jadi korban sinetron. Gue sering nonton sinetron Tersanjung bareng nyokap di ruang tamu. Dan mungkin dulu gue suka sama sinetron karena waktu jaman dulu sinetron-sinetron gak sebanyak kayak sekarang. Kalo sekarang, sinetron malah banyak banget muncul di TV udah kayak tukang jualan kaset CD bajakan di pinggir jalan. Sinetron-sinetron jaman sekarang juga malah terlihat lebay dan sedikit banget yang mendidik buat ditonton anak-anak.

4. Fenomena Tazos
Umm... kalian masih inget kan sama mainan yang satu ini. Namanya tazos. Gue juga kurang tau kenapa namanya harus tazos, padahal setau gue tazos itu adalah nama seseorang yang hidupnya selalu di hutan (itumah namanya Tarzan... Jauh amat!).


Dulu waktu gue SD, hampir setiap hari gue pasti minta chiki yang berhadiah tazos. Karena nyokap gue ngebuka toko di rumah, jadinya setiap hari gue dengan gratis minta chiki yang berhadiah tazos itu. Hehehe.#JiwaAnakGakMauRugi

Ternyata pas diitung-itung, gue udah ngumpulin puluhan tazos, yah bisa dibilang hampir ratusan.. Dan sekarang gue lupa naro tu tazos di mana, entah udah dibuang sama nyokap ataupun hilang ditelan bumi. Gue juga gak tau.


Gue juga masih inget banget pas gue main sama temen-temen di sekitar rumah ataupun di sekolah, pasti gue ngebawa-bawa tazos.  Terus dengan belagunya gue naik ke atas bangku dan gue sebar-sebarin tu tazos ke bawah. Temen-temen gue yang waktu itu masih berjiwa kayak orang yang menyembah tazos dan menganggap tazos adalah segalanya, dengan ricuhnya ngambil tazos yang gue sebar sampe-sampe harus ada yang digotong karena pingsan terinjak-injak dan ada juga yang harus dibawa ke kantor polisi karena diduga menjadi provokator aksi kericuhan. Oke ini mulai lebay.


Yang pasti pada waktu itu, gue berasa banget jadi seorang Raja yang nyebar-nyebar uang. Hahaha.#KhayalanTingkatTinggi

5.Fenomena Mr. Gepeng
Ini bener-bener cerita mitos yang bener-bener nyeremin waktu jaman gue SD selain fenomena hantu Kolor ijo, yaitu cerita tentang hantu Mr. Gepeng yang katanya menghuni toilet sekolah gue. Dan pada waktu itu gue berpikir, “Kenapa dia tinggalnya harus di toilet? Emang gak ada tempat yang lebih hina lagi apa selain disana?"

Ada beberapa versi yang gue tau dari Mr. Gepeng ini:
1) Mr. Gepeng meninggalnya kelindes stum.
2) Dia adalah seorang dokter yang meninggal akibat kejepit lift bersama kopernya yang berisi uang.

Dan satu hal yang masih gue bingung sampe saat ini adalah... Kenapa tu Mr. Gepeng bisa gentayangan di toilet SD gue? -__-

Salah satu temen gue yang jadi korban salah gaul cerita horor bilang kalo kita nelpon ke nomor 7777777 terus bilang, “Mr. Gepeng minta duit dong!”, pasti dikasih dan duitnya harus diambil di toilet dengan syarat harus jalan maju-mundur, kiri-kanan. Sumpah ini random banget, udah kayak lagi nari Poco-poco.

Selain itu juga, Mr. Gepeng katanya suka nge-tusbol pantat bocah yang lagi boker make jarinya. *Gue gak mau ngebayangin*


Kata temen gue yang khilaf juga, dia suka ngehisap darah melalui lubang pantat. Sumpah, gue berpikir ini kayak semacam Drakula yang  dibesarkan oleh orangtuanya di dalam sebuah jamban dan menghisap darah dari lubang pantat orang-orang yang lagi pengen boker di jamban tersebut. #RandomTingkatUjianNasional

Dan akhirnya setelah gue SMA, cerita mitos-mitos kayak gitu lama-kelamaan hilang kebawa hembusan kentut masyarakat.

6. Fenomena Dagu Belah
Ini perbuatan paling aneh, gak masuk akal, keji, dan ekstrim yang dilakukan oleh gue bareng temen-temen ketika kelas 5 SD.

Gue gak tau awal ni fenomena muncul dari mana. Yang pasti waktu itu tiba-tiba langsung ada.
Bayangin aja sama kalian, temen-temen SD gue  rela menganiaya dagunya sendiri pake pedang samurai, koin, getah pohon, atau gak kerah baju seragamnya supaya bisa bikin korengan. Gue sendiri yang waktu itu gampang terhasut oleh temen-temen gue yang salah gaul itu juga ikut-ikutan ngebuat koreng di dagu. Gue ngebuat pake kerah baju seragam dan uang logam Rp. 500 yang gue gosok-gosok ke dagu. Awalnya emang gak kerasa perih, tapi lama-kelamaan jadi terasa perih juga dan akhirnya jadi koreng. Sumpah, ini perbuatan paling malu-maluin dan sesat yang pernah gue lakuin waktu SD.

7. Fenomena Rambut Belah Tengah
Nah ini nih yang haru kalian ingat. Dan gue masih ingat style Jaman Doelo. Kira-kira rambut belah tengah itu seperti apa... Yuk mari di liat gambarnya :



Seperti itulah kira-kira gambaran rambut belah tengah yang gue bilang di atas. Ternyata style'an rambut Orang dulu kayak itu masih di pake pada jaman yang serba modern di saat sekarang ini. Salut deh buat abang Charli EsTeh 2 gelas (ST 12), buat abang ariel Noah, dan buat abang yang satunya lagi yang. (Gue gak tau namanya)

8. Fenomena Gambar Gunung Kembar
Kalian masih inget sama 2 buah gambar gunung yang di tengah-tengahnya ada matahari dengan hamparan sawah yang luas di kiri dan kanan jalan?


Gambar kayak gitulah yang sering gue gambar bareng temen-temen selama SD. Gue juga gak tau apa yang sebenernya merasuki pikiran gue untuk selalu ngegambar pemandangan itu. Salah satu guru gue di SD juga pernah bilang, “Ini kenapa kalian selalu ngegambar pemandangan 2 gunung yang di tengah-tengahnya selalu ada matahari? Emang gak ada pemandangan yang lain yang bisa digambar?”


Emang sungguh gak kreatifnya gue pada saat itu. Tapi anehnya, gue selalu seneng buat ngegambar pemandangan 2 buah gunung kembar itu secara berulang-ulang. Mungkin gara-gara itu juga, pas gue udah SMA gue malah jadi punya presepsi lain tentang 2 gunung kembar yang sekarang, yatu gunungnya lebih menonjol, dan ngebuat gue jadi terasa tegang kalo ngeliat secara langsung. #MulaiNgaco #Abaikan


Itulah beberapa fenomena di kala gue masih SD, walaupun agak sedikit sesat untuk anak ZAMAN SEKARANG tapi itulah yang pernah gue alamin semasa gue masih SD doelo. Kalo misalnya kalian punya fenomena unik lainnya yang lebih seru dan pengen di bagi, silahkan di ceritain di kotak komentar yang ada di bawah ya!

30 komentar:

  1. yg rambut belah tengah itu lucu

    BalasHapus
  2. lo pernah ngga rambut belah tengah? jangan-jangan pernanhnya rambut belah duren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur nih: "ENGGAK PERNAH" dan gue juga suka durian, tapi bukan rambutnya.

      Hapus
  3. syukurlah lo masih merasakan masa-masa seperti ini.

    dari semuanya smua sudah gue rasakan.

    Kurang gaul apalagi gue ini coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah.. ada yang muji gue ternyata. =))
      Tapi lo belum ngerasain kawin kan bang? Sedikit gaul berarti :))

      Hapus
  4. penutupnya kamfret banget sih :D
    tapi kamu harus bersyukur, masa kecilmu terselamarkan.. dan makasih udah bikin nostalgia =))

    BalasHapus
  5. Gue ngalamin masa-masa itu hahahahaha. Apalagi dagu belah, tp gue ganyoba sih(:| wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dagu belah itu kan cuma khusus laki-laki aja... #-o

      Hapus
  6. gue ingat semuanya, selama 6th gue sd gambar yg sering gue bikin cuma gambar gunung kembar itu :-bd

    BalasHapus
  7. Dulu juga iya dagu belah, waktu itu masa paling bikin gue ngakak kalo ngebayangin lagi :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung gue gak pernah ngegores dadu gue dengan duit logam :| Masa kecil gue terselamatkan

      Hapus
  8. Jadi inget film2 yang sering gue tonton pas kecil dulu..

    Beberapa di antaranya: Tuyul dan Mbak Yul, Jin dan Jun, Gerhana. Hahaha \o/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. itu film favorite gue semua vin =))
      Masa-masa SD lo menyenangkan :D

      Hapus
  9. Maen PS ga dimasukin: Winning Eleven, Harvest Moon, CTR. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah di zaman gue SD gak ada permainan sekeren itu.. Paling main PS 1 game "babi perang"

      Hapus
  10. Lu ngingetin gue sama si Saras. Dulu gue punya bajunyaa

    BalasHapus
  11. ada juga fenomena tukeran binder. buat yang cewe sih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalo itu gue juga tau.. tapi gu nulis yg gue alami aja. :D

      Hapus
  12. ada juga fenomena tukeran binder. buat yang cewe sih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalo itu gue juga tau.. tapi gue nulis yg gue alami aja. :D

      Hapus
  13. Rasanya pengen balik lagi ke masa-masa SD, hiks :(( gue kasian aja sama anak cucu gue nantinya, mereka gak bakalan bisa ngerasain kaya gini, karena gadget mengubah segalanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh-duh.. pindah ke kampung aja bro, kehidupan di kampung jauh dari kemewahan.

      Hapus