Moment Krusial Saat Ide Itu Muncul

28 Jun 2014

Blogging merupakan rutinitas menulis berbagai macam artikel sesuai dengan topic blog. Sebagai seorang blogger terkadang kita kehabisan ide untuk membuat artikel, biasanya hal ini timbul disaat mimik kita sedang kurang baik. Membuat artikel memang akan lebih mudah apabila kondisi kita sedang fresh. Menjadi kaya ide, mudah menulis, banyak imajinasi, dan cepat menyelesaikan artikel yang akan kita publish kan.

Rutinitas menulis terkadang membuat seseorang (blogger) kehabisan ide untuk sesat, padahal pada moment yang bersangkutan sudah seharusnya membuat artikel untuk bahan update blog. Menulis artikel dengan mood yang kurang baik sering kali menjadikan artikel yang kita tulis menjadi kurang enak untuk dibaca, dan semua blogger biasanya pasti mengalami kondisi yang demikian. Menyikapi hal ini, maka  yang perlu dilakukan sebenarnya adalah menyiapkan artikel secara terjadwal. Jadi, ketika tiba waktu untuk update blog, kita tinggal memposting karena artikelnya sudah disiapkan terlebih dulu.



Sebenarnya kehabisan ide di saat menulis artikel blog itu hal biasa. Tapi seiring rutinitas itu harus dilaksanakan ada kalanya kita untuk menutup kekurang tersebut. Sedikit curcol dari gue. Gue juga sering mengalami yang namanya kehabisan ide. Terkadang ide itu datangnya terlambat. Di saat gue nggak ada niat buat mengisi blog ada banyak ide yang datang dari luar, tapi di saat gue ngetik artikel maka idenya terhambat di tengah-tengah begitu saja. Itu lah kendala yang gue hadapi. Apa mungkin dari kalian yang membaca artikel ini mendapatkan kendala yang sama?

Ngomong-ngomong sebentar lagi mau puasa. Gue mau ngucapin minal aidin wal faidzin mohon maap lahir batin. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian. Dan semoga puasa gue tahun ini nggak ada yang bolong.

Ada sedikit cerita dari gue. Apa mungkin gue terlahir dengan otak yang pas-pasan? Nggak mungkin! Gue rasa gue itu pintar. Yaudah jadi ceritanya begini. Pernah nggak kalian perpikiran untuk memaksakan ide itu keluar dari pikiran kalian? Gue pernah. Tapi alhasil gue nggak fresh di buatnya.

Sebuah moment yang menurut gue nggak asyik. Nggak asyik kenapa? Karena ide itu datangnya di saat kita nggak membutuhkan dia. Coba kalau sedang butuh! Ada banyak kendala yang menghalangi untuk keluarnya tuh ide. Sebagai orang kreatif, kita pasti sering yang namanya mencari ide. Dan yang namanya ide itu kayak jodoh, pas dicari susah, pas nggak dicari tiba-tiba nongol.

Seperti yang udah gue bicakan tadi. Ternyata ada beberapa moment di mana kita bakalan kesulitan bahkan sangat kesusahan buat nulis ide yang masuk itu. Lanjut ke moment.


1. Ketika Lagi Mandi di Kamar Mandi
Kamar mandi adalah tempat di mana ide brilian banyak berasal. Banyak penulis blogger hebat, bahkan penulis lainnya, tiba-tiba mendapatkan ide ketika di kamar mandi, dan gue juga udah pernah mengalamin hal demikian. Cuman kalau ada ide tiba-tiba masuk, kadang kita kesulitan buat mencatatnya. Soalnya jarang juga ada orang ke kamar mandi bawa-bawa hape terus.

Nah, tapi kalau ditunda buat nulis tuh ide, begitu kita udah lega dan nyiram sisa-sisa kita, sering banget kita lupa! Dan saat mencoba untuk mengingat-ingat, yang terekam di otak justru bunyi jebret ketika kita buang air tadi. Haduuuh. Eh salah fokus.

2. Ketika Lagi Ibadah
Nah, menurut pengalaman yang telah gue alami sebelumnya saat kita beribadah kepada Tuhan otak kita masuk ke dalam zona lain, artinya tenang banget. Dan itu memicu ide brilian untuk keluar seenak hati. Enak sih. Tapi gimana kita bisa nulis tu ide coba? Sedangkan kita sedang sholat berjamaah.

Masa iya, di tengah-tengahnya Sholat terus kita bilang, “Maafkan aku Tuhan, aku nulis ide bentar, abis itu aku lanjutin lagi sholatnya. Terimakasih untuk pengertiannya, Tuhan.”

Iya sih Tuhan emang selalu memaafkan kesalahan hambanya, tapi ya nggak gitu juga kaleeuus..

3. Ketika Sedang Nongkrong
Gue sering jijik kenapa otak gue tiba-tiba mikirin blog padahal gue sedang asyik-asyiknya nongkrong dengan teman. Ketika sedang nongkrong pun gue sering mendapat ide untuk menulis artikel blog. Tapi apa boleh buat. Ide yang datangkanya tiba-tiba itu gue lenyapin begitu saja.

Dan akhirnya gue lanjutin deh ngobrol-ngobrolnya… *hole*

4. Ketika Sedang Telfonan
Ada kalanya tempat ngerumpi yang asyik itu ketika menelfon. Cie ibuk-ibuk banget. Apa mungkin orang kayak gue ngerumpi kayak ibuk-ibuk? Nggak juga sih gue lebih sering menggonggong tentang hal-hal yang keluar dari mulut gue aja.

Ketika menelfon pun ide untuk menulis artikel sering keluar. Itu mungkin idenya berbarengan dengan asal-muasal batu malin kundang. *halah*

Lalu telfonnya dimatiin. ~
**
Mungkin Banyak alasan orang menulis cerita hidupnya di blog
Dari 4 moment diatas moment manakah yang sering kalian alami? Silahkan jawab di kotak komentar di bawah ini.

21 komentar:

  1. sama sprti menulis karangan bebas di buku. hal tersulit cuma menggabungin ide yg ada supaya tak terputus putus

    BalasHapus
  2. keseringan dapet ide pas lagi mandi :3 kan susah.. abis mandi buyar semua ide brilian bin ajaib itu -_-"

    BalasHapus
  3. gak semudah yg dikira y ternyata... (:|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang, mencurahkan ide itu yang sulit.

      Hapus
    2. ketika ide itu terputus-putus, dan menyambungkan idenya itu lh tingkat kesulitannya :(

      Hapus
  4. Duh, yang segmen di kamar mandi itu gue banget kak. sering terlintas begitu saja ide berlian dan setelah mandi idenya pun mulai lenyap. -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. sama aja. gue juga sering ngalamin hal bgtuan..

      Hapus
  5. Ketika sedang di atas motor. Gua sering ngalamin hal yg begituan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak moment sih sebenernya.

      Hapus
  6. Kalo gue pribadi, ide muncul saat lagi mengendarai motor :D

    BalasHapus
  7. Kalau di toilet gue sering banget.

    BalasHapus
  8. Kalo lagi insom itu yang paling enak loh sebener nya, ide suka muncul disaat itu. Tapi yang paling gampang itu waktu baru banget diputusin sama pacar, ide langsung muncul disitu. Ide buat bunuh diri :))

    BalasHapus
  9. 1, 3, dan 4 sih, bang. Kalau ibadah nganu juga, berarti ga khusyu'. ._.
    Sebenarnya ide itu berlalu-lintas di pikiran, apa daya tak tersampaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa daya idenya lenyap begitu saja.

      Hapus
  10. It's really a great and useful piece of information. I'm glad that you just shared this helpful information with us.
    Please stay us informed like this. Thanks for sharing. :)

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/2gFQpeV | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus