Masalah Awal Dalam Pembuatan Blog

20 Jun 2014
Kalian tau berapa kilometer jarak Kota Padang dengan Kota Bukittinggi? STOP! Gak usah di jawab. Gue cuma mau menyapa kalian yang masih heran kenapa gue menulis tulisan pembuka yang sangat membingungkan. Yaudah kalau kalian masih bersikeras untuk menjawab. Silahkan jawab di kontak komentar. *hening*

Kali ini gue nggak akan membahas pertanyaan yang gue tanyakan ke kalian seperti yang sudah kalian baca pada kalimat awal artikel ini. Gue heran. Kenapa Kuku Tangan lebih cepat panjangnya dibandingkan dengan Kuku Kaki? *salahfokus* tapi baiklah lupakan pertanyaan itu. Gue mau sedikit bercerita tentang masa lalu gue yang kelam, bukan masa lalu gue yang itu. Arrh! tapi masa lalu ketika gue memutuskan untuk nge-blog. Dan gue udah mulai nge-blog. Tepuk tangan dong.


Awal gue nge-blog yaitu didasari dengan sifat iseng. Gue berpikir, kenapa disetiap gue mencari tugas di internet gue nemuin blog yang berisi jawan dari tugas gue itu. Nah dari situlh motivasi gue terbentuk. Gue membuat blog untuk membagi ilmu, dan blablabla yang gue alamin supaya si pembaca tau bahwai itu gue. Woe ini gue! GUE FebbbBriy! *lupakan*

Kembali ketopik.

Blog itu merupakan kegiatan yang asyik untuk dilakukan. Tentunya sangat indah ketika kita membagi pengalaman kita, ilmu kita, dan hal-hal lainnya yang kita dapat ke si pembaca. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Artikel ini.

Kemaren, sekitar satu minggu yang lalu ada seorang teman yang menanyakan masalah blognya dengan gue. Jujur, gue kadang rada nggak ngerti alias rada nggak bisa menjalaskan pertanyaan teman gue tersebut. Dia menanyakan “Saya mengalami masalah dalam pembuatan blog?”. Gue terdiam sejenak. Lalu gue perpikir dan melihat blog gue yang ini akhirnya gue menyimpulkan jawaban gue sendiri.

Khusus untuk blogger pemula “Masalah dalam pembuatan blogger ada 8” yaitu :
1. Widget yang Terpasang
2. Banner yang Berlebihan
3. Terlalu Banyak Iklan
4. Banner Afiliasi
5. Gambar yang Terpasang
6. Kebanyakan Script
7. Flash pada Blog
8. Penempatan Widget

Mungkin kalian (blogger pemula) sering bingung dengan cara bagaimanakah langkah yang bagus untuk mengawali pembuatan blog. Gue bicara pembuatan blog, bukan termasuk tamplate. Mungkin sebagian dari kalian para (blogger master) sudah mengetahui hal ini. Selain desain template yang keren, komponon-komponen kecil juga harus di butuhkan oleh blog.

Berikut beberapa hal yang mempengaruhinya :

• Widget yang Terpasang
Memasang pernak-pernik blog memang merupakan hal yang wajar dalam pembuatan blog kita menjadi lebih cantik, ganteng, keren, dan berisi, namun jangan jadi bumerang. Mengurangi widget yang kurang penting seperti jam, pemutar musik, atau yang lain-lain yang kalian anggap mubazir untuk di pasang. Itu juga dapat mengurangi beban blog kalian loh.

• Banner yang Berlebihan
Pertama kali terjun ke dunia blog, gue dulu suka tukar banner. Jujur tujuan gue waktu itu bukan untuk cari backlink melainkan koleksi saja, heheee.. Lantaran template blog ini gue modifikasi dan gue juga sudah bosan dengan yang namanya mengumpulkan banner akhirnya gue hapus. Itulah penyebab utama blog terbebani. Setelah berfikir analogi dengan mencontoh blog teman-teman yang gue anggap sudah jago, akhirnya gue konversi banner menjadi text biasa. Hasilnya, hmm tak usah ragu, sangat berpengaruh. Apalagi google lebih suka backlink dengan text ketimbang banner.

• Terlalu Banyak Iklan
Tujuan kita menulis artikel adalah untuk berbagi info, betul? Nah, tujuan lain tentu adalah cari penghasilan sampingan. Tapi jika terlalu banyak iklan yang dipasang, akan membuat para pembaca terganggu. Pasang iklan yang telah menghasilkan paling banyak uang. Yang belum menghasilkan bisa dibuang. Tentunya jangan kebanyakan pasangnya. Nah, mumpung blog gue ini belum ada iklannya gue bersedia kok nyewain tempat kosong di blog buat para pengiklan. Itu sih buat yang bersedia. Atau *serius*

• Banner Afiliasi
Menyambung ke pembahasan yang diatas. Kembali ke soal banner, namun bukan untuk backlink melainkan mencari afiliasi. Jika dipasang berlebihan juga kurang efektif. Pasang yang sesuai strategi kalian aja.

• Gambar yang Terpasang
Artikel jika desertai gambar pasti akan lebih menarik dibaca, namun jangan asal upload karena beberapa gambar tidak cocok untuk web karena berat, jadinya pengunjung malah malas membaca apalagi meninggalkan komentar. Solusinya, bisa atur lebar dan tinggi blog dengan photoshop, jika sudah "save for web". Bobot gambar ringan dan siap untuk web ataupun blog.

• Kebanyakan Script
Mencoba memang lebih baik dari pada takut gagal, namun alangkah lebih baik jika kita selektif memilih tutorial blog yang bermanfaat. Jika suka mengikuti tutorial blog, pasti kalian sering bongkar pasang script, CSS, Widget, dan lain-lain. Tentu itu akan mempengaruhi blog kalian tersebut. Cobalah untuk mengkompres CSS kalian di www.csscompressor.com namun jangan lupa backup dulu. Caranya copy script dari bawah <b:skin><![CDATA[ sampai tepat sebelum ]]></b:skin> kemudian paste di css compressor. Hati-hati, hasilnya bisa membuat blog kalian kocar-kacir, jadi jangan lupa backup.

• Flash pada Blog
Ternyata flash yang dipasang di blog juga membuat blog Anda berat, bahkan bisa membuat browser crash, coba kurangi penggunaannya.

Nah yang terakhir dan yang paling penting :

• Penempatan Widget
Jika sudah kalian seleksi widget mana yang akan bertahan, cobalah berfikir lagi di mana posisi yang pas untuk meletakkan widget tersebut. Gue sarankan widget follower dipasang di paling bawah, dan paling kanan, soalnya browser mengindex halaman dari atas kiri kemudian ke kanan. Karena widget follower berisi foto-foto narsis, jadi jika diletakkan di tengah bisa membuat koneksi terputus di jalan.    

Hellow! Percuma aja memiliki desain yang keren tapi kontennya acak-acakan. Cukup simple dan sesimple ini. Hehe.. 
Terkadang untuk mendapat hasil yang sangat indah kita harus berani di kritik SALAH oleh orang-orang yang lebih paham dari kita.
Quotes gue yang diatas keren kan! Puji dong. Yaudah lupakan. Semoga artikel kali ini menjawab pertanyaan dari temen gue itu dan dia nggak setengah hati lagi dalam nge-blog.

50 komentar:

  1. bener banget nih, sampe sekarang gua masih ngalamin 8 hal itu, gua masih suka bingung penempatan yang bagus itu dimana, tapi perlahan gua coba tata baik-baik, walaupun sampe sekarang sebener nya masih ancur, tapi itu lah yang nama nya proses. Ngomong-ngomong tentang tulisan lu di atas, lu orang nya masih suka typo ya haha coba deh di betulin sedikit, supaya gua ga berpikir dua kali buat baca 1 kata :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndeh.. gue ngetiknya malam.. selesai nulis langsung gue upload, jadi kalo agak typo haram di maklumi ya. :7

      Hapus
    2. haha oke deh gua haram maklumin aja deh :))

      Hapus
  2. Sip nih ulasannya, pengamatan gue ke kebanyakan blogger emang sering menempatkan dan menambahkan widget nggak penting di sidebar, seperti jam, tanggal atau yang lain. Menurut gue itu nggak penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener.. Menuhin tempat dan ngebosenin buat di lihat. :-bd

      Hapus
  3. keren tuh quotenya, klo ada yang keritik kita kadang kita ga sadar di mana letak kesalahan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itulah fungsinya kritikan dari orang lain. :D

      Hapus
  4. Masih ada sih diantara 8 hal itu yang masih gue alami,
    itu quotes nya keren loh, tapi gue kalo di keritikin malah geli dan ketawa *itu kelitikin, bego*

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tau? Coba tanya ke gue? 8-}

      Hapus
  6. Kritik yang membangun itu perlu, oke punya lo gua kritik, blog lo ngga pernah sampoan ya ada kutunya :D
    Sekarang gua tunggu kritikan lo di blog gua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamfret X( Itu semut bukan kutu..

      Hapus
  7. Gue juga dulu sempet nih masalahin yang beginian. Biasanya awal-awal ngeblog emang suka kayak gitu..

    Salam,
    ThrwBlog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... namanya juga masalah awal dalam pembuatan blog. 8-7

      Hapus
  8. Kalo gue sih kadang masih bingung ngedit templatenya, karena emang males ngeliatin script yang banyaknya udah kayak dosa (, --)/|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busted.. eh Busyed! :))
      Itumah tergantung situ, kalo tamplatenya gak jelek-jelek amat tonjolin aja konten blognya \m/

      Hapus
  9. dulu blog blog temen gue banyak bener iklannya dan hobi bener tukarang banner dengan blog lain .. sampe seri bannernya ada part partnya :v

    Salam Tamfan B|
    adamhasnan.com

    BalasHapus
  10. yg paling bikin males baca itu blog yang kebanyakan gadget kayak blog gue waktu baru dibuat :-t =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. yaudah di bikin sesimple dan sesederhana aja. Atut! O:-)

      Hapus
  11. Kalo gue simpulin ini lebih ke tampilan blog. Menurut gue hak terpenting dalam memulai ngeblog adalah keseriusan . Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typo yg apa? Artikel atau apa bang :|

      Hapus
    2. Simpulin seharusnya simpulkan :D emang tali sepatu yang harus di simpul :))

      Hapus
  12. yep, tampilan menarik memang menjadi pondasi utama dari blog itu sendiri untuk mancing pembaca supaya betah. gak banyak widget yang gak penting, jam & tanggal contohnya. hehe.

    BalasHapus
  13. Kalau gue lebih ribet urusan ngoding. Sumpah, itu males banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudah di bikin simple aja. Gak usah du urusin B-)

      Hapus
  14. oohohhh.. jadi begitoo ya kak.

    BalasHapus
  15. Gue rasa masalah utama tampilan loh bang.. tamplate bg bagus nentuin jga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tampilan, kalo tampilannya bagus tapi widgetnya kurang mah percuma.

      Hapus
  16. Temennya temenku dulu punya blog yang artikelnya sebenernya menarik buat dibaca, tapi karna tata letaknya banyak orang termasuk aku yg ngerasa keganggu dan jadi males buat bacanya. Hehe.. Btw.. Keren postingannya! :)

    BalasHapus
  17. Benar banget sih masalah yang disebutin. Ah, untung blog gue masih simple. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah untung blog kamu masih simple. :-O

      Hapus
  18. Yang penting niat aja, ntar juga jalan sendiri, haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh~ Emang, segala sesuatu harus di awali dengan niat.

      Hapus
  19. Dulu gue waktu baru-baru ngeblog sering pasang widget ini itu biar kelihatan keren. Eh tau-tau malah bikin blog jadi berat dan cepet ngabisin kuota internetan pembaca. Tapi setelah ada Klinik Tongfang semuanya berubah. Terima kasih Klinik Tongfang. *bengong*

    BalasHapus
  20. Jarak kota padang nyampe bukittinggi ya? gaktau gue. Emnag kita harus mau dikritik sama orang, kan kita bukan orang paling pinter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nerima kritikan itu bagus. Lu ngeritik orang yg lebih bodoh dari lu juga gpp, walaupun lu tu nggak terlalu pintar.

      Hapus
  21. Keren, dapet pelajaran 1 lagi :3

    BalasHapus
  22. Pas banget sama gue yg baru jadi blogger.. Msih bnyk kekurangan.. hehe. maakasih quotes nya ya.. fllbck ny yaa ...

    BalasHapus