Hal Baik Yang Bisa Membatalkan Puasa

10 Jul 2014

Holla! Tumben ya gue hari ini nggak lapar. Padahal santap sahur tadi pagi cuma dikit. Semoga puasa gue 
di hari ini lancar dan penuh berkah. Duh! Aamiin.. Oke lanjut ke topik. Kali ini gue akan ngebahas tentang Hal-Baik Yang Ternyata Bisa Membatalkan Puasa.

Gue bercerita sedikit nggak apa-apa kan. Jadi begini, awal mulu gue mendapatkan ide untuk menulis artikel ini karena gue habis dengerin ceramah pak ustadz sebelum sholat taraweh kemaren. Ustadnya membahas tentang Hal Halal Tapi Bisa Membatalkan Puasa. Nah, berawal dari ceramah itulah ide untuk menulis artikel ini muncul.


Kita sebagai manusia awam kan sering Khilaf. Terkadang kegiatan atau aktifitas yang kita sarasa tidak membatalkan puasa ternyata kegiatan itu dalam tanda kutip Dapat Membatalkan Puasa”Kamu sering bukan melakukan kegiatan atau aktifitas yang tertanya aktifitas itu bisa membuat puasa kamu batal? Oke.. Gue mah karna baru tahu, sebelum gue tahu gue juga sering nggak sengaja melakukan aktifitas yang ternyata aktifitas itu dapat membatalkan puasa yang gue tahan. Duh! Maka dari itu lah gue menulis artikel ini. Tapi kalian jangan heran, artikel ini gue rangkum dalam bentuk guyonan supaya lebih fres gitu. Nggak mungkin kan gue menulis ulang Hasil Ceramah kemaren dan gue Posting ke blog gue ini. Kan jadi nggak asyik.

Baiklah. Artikel kali ini hanya artikel yang gue peruntukan untuk berbagi. Kan kata para ustadz berbagi di bulan puasa itu pahalanya di lipat gandakan. Semoga aja artikel ini bermanfaat buat kalian yang membacanya. Nah nah! Lanjut...

Berbuat baik tapi berniat jahat. Beginilah jadinya..

Melakukan kebaikan di bulan puasa itu memang perlu. Biar pahala kita berlipat ganda. Hikmah puasa pun jadi lebih banyak kita dapatkan. Tapi alangkah baiknya kita juga perlu berhati-hati, karena niat baik kadang suka terkontaminasi oleh godaan-godaan duniawi. Perbuatan baik kayak begini pun bisa berpotensi bikin puasa kita batal! Mari simak pembagian berikut.

1. Ngasih Sedekah...
Ngasih sedekah ke yang membutuhkan tapi setiap detik prosesi pemberian sedekah itu kamu foto dan kamu update ke sosmed.  Memulai puasa dengan sedekah Rp 100 ribu. Cuma 10 persen aja dari uang jajan sehari. terus orang yang kamu kasih sedekah itu kamu ajak selfie bareng sambil menunjukkan uang yang kamu kasih. Selamat, sedekah kamu nggak jadi berbuah pahala, tetapi berubah jadi riya. Makanya, sedekah itu cukup dengan niat Ihklas bukan buat Pamer.

2. Memberantas Pornografi di Laptop dan Hape...
Tapi sambil nyari file-filenya, kamu sok-sokan merasa perlu mengecek. Eh ini porno bukan yah? kayaknya cuma video kucing gue lagi split deh. Mending gue cek dulu deh. Waduh, ternyata porno. Eh eh ini bokepnya yang mana yah. Bagus juga”. Demi membersihkan hati dan menghindari nafsu, porno kudu mesti dibrantas sih. Tapi ya kalau sambil ngeberantas malah tergoda untuk nyicipin ya salah juga. Celana jadi sempit deh tuh. Gawat! 

3. Tidur...
Tidur di bulan puasa memang ibadah. Tapi kalau tidurnya cuma merem doang terus pura-pura ngigo nyemil kuaci mah sama aje, bro. Batal puasa ente! Ada juga sebagian orang yang tidurnya dari pagi sehabis sahur dan bangun disore harinya. Itu orang kebo banget ya. Padahal berpuasa tapi cuma tidur dapat mengurangin barokah dari puasanya kita. Tuh jangan di ulangi lagi.

4. Bantu Ibu Masak di Dapur...
Tapi pas disuruh ngicipin kuah sayur, kamu ngicipinnya semangkok, bukannya nyicipin dengan cara taro kuahnya di lidah terus langsung dilepeh lagi. Terus, pas disuruh cuci piring, bukannya pake sponge, kamu malah membersihkan sisa-sisa makanannya dengan.... lidah. Huft. BATAL. Ini namanya mengambil kesempatan dalam kesempitan. Mencicipi kuah sayur di kala menahan haus dan lapar. 

5. Menemani Pacar Belanja...
Berangkat jam 10 naik motor-tawaf keliling tiga mall-jam 2 siang cape dan haus-nggak kuat-terus minum teh botol-jalan-jalan keliling mall lagi sejam-masih cape-akhirnya pulang-tapi nganter pulang pacar ke rumahnya dulu-ternyata eh ternyata rumahnya kosong. Lalu kamu ngeluin hal yang nggak senonoh dengan pacar kamu. Duh! Sempurna sudah gagalnya puasa kamu. Kejadian ini sering sih dialami para pasangan muda. Hati-hati yah. Cuma mengingatkan loh.

6. Memberi Ta'jil...
Memberi ta'jil di siang hari dan memaksanya biar dimakan saat itu juga. Salah! 

7. Menahan Lapar...
Menahan lapar tapi di malam hari. Terus selama siangnya kamu malah makan. Duh. Kurang-kuranginlah. 

8. Olahraga...
Kalau dilakukan dengan cara dan waktu yang benar olahraga bisa bikin badan kita makin bugar, sehat dan aduhai selama bulan puasa. Tapi perlu diingat, bahwa olahraga juga bisa bikin batal puasa. Contohnya: push up tapi di bawahnya ada pacar kamu. Lari tapi keringetnya diminum. Fitnes di tempat yang para pengunjungnya berbaju olahraga yang seksi-seksi. Gawat!! 

9. Sikat Gigi...
Sikat gigi memang baik. Agar supaya mulut nggak bau kayak sampah pasar. Tapi hati-hati yah, kalau sikat giginya pake gigi dan lidahnya pacar itu berbahaya. Puasa langsung batal seketika. Jangan coba-coba juga untuk sikat gigi pake ayam bakar padang yang udah dilumuri kuah rendang dan sambal ijo. 

Dan yang terakhir dan agak menjijikan untuk di baca.

10. Ngupil...
Ngupil yang gue maksud disini ketika kamu ngupil dengan tangan kanan lalu di karnakan perut kamu keroncongan lalu kamu memasukan upil itu ke mulut dan setelah itu kamu mengunyah-ngunyah kupil itu lalu menelannya. Duh! Udah ah..

Semoga kalian yang telah membaca artikel ini Paham dan Puasanya di tahun ini menjadi semakin Soulits. Duh bahasa gue ngahe banget. Oke, memasuki penghujung akhir dari tulisan gue, gue mau ngucapin permohonan buat warga palestina. #PrayForPalestine & #PrayForGaza. Semoga warga di palestina selalu di lindungi oleh tuhan yang maha esa. Jadi begitulah. Menyambung kutipan yang diatas, pastikan hati kita bersih dan bener-bener nggak gampang tergoda ya selama puasa ini.
^^Selamat berpuasa. 

41 komentar:

  1. Sikat gigi pake kuah rendang enak kayaknya, Briy #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamfret.. itu mah udah jelas batal puasanya. Apa lgi kuahnya nempel di gigi :|

      Hapus
  2. sikat gigi pake ayam bakar padang yang udah dilumuri kuah rendang dan sambal ijo, wow emejing sekalii...

    BalasHapus
  3. Ahaha, sialan. itu yang jalan-jalan sadis banget wakaka

    BalasHapus
  4. Untung pas 3, 4, 7, 8, 9, dan 10, gue benar-benar memanfaatkannya dengan baik. (--,)

    BalasHapus
  5. rajin amat yah tidur dari pagi sampe sore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya, tidur disaat berpuasa itu ibadah. Katanya :-h

      Hapus
  6. wkwk hal yang jarang difikirkan ternyata dapat membatalkan puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener, makanya lain kali kalo mau beraktifitas pikir-pikir dulu.

      Hapus
  7. hiihi.. ngupil lalu upilnya di makan, udah jelas lah batal. iiuwwh, this is kamfret moment :-q

    BalasHapus
  8. ngupil kocak XD hahaha. nomor 2. terkadang jebakan juga tuh, soalnya suka gak sengaja hehehe

    BalasHapus
  9. Olahraga push up tapi di bawahnya ada pacar :v

    BalasHapus
  10. masak menu berbuka tu yg paling susah dijalanin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini adalah calon istri yang sakinan. :-* :x

      Hapus
  11. hahahaha, ini mah jelas bikin batal semua, emang anak muda jaman sekarang ada aja cara tafsirin puasa yang bener gimana :D

    salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha,, Ini hanya guyonan belaka. *pffft*

      Hapus
  12. hhhaha ini bisa dibilang agak kampret gak? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kamfret banget malahan.. =))

      Hapus
  13. Yang ngupil.... Ewh.
    Tulisannya yang bener Tuhan Yang Maha Esa tuh. Koreksi coba ka.

    BalasHapus
  14. Ebuset yang ngupil itu ekstrim banget.. Ngebayanginnya aja bisa batal puasa itu mah, hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. apalagi ngelakuinnya. :D Haha

      Hapus
  15. Anjirr makan upil wkaowkaowkaowkaowka!!! =))

    BalasHapus
  16. Selamat kamu dapat Liebster Award dari aku ;;) Check it! http://khavidiot.blogspot.com/2014/07/selamat-kamuuuu.html

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. memang yang nomor 2 sering bikin orang kecolongan.
    blogwalking:)-------------------> pammadistro.blogspot.com

    BalasHapus