Percakapan Dengan Makhluk ALAY!

16 Mei 2014
Ngomong-ngomong artikel gue kali ini membahas tentang Alay. Kenapa harus alay? Karena menurut gue alay itu lucu, trus unik, coba deh kalian bayangin. Ada sekelompok anak alay yang berkumpul dengan anak-anak alay lainnya. Apa yang mereka perbincangkan? Udah pasti memperbincangkan hal-hal yang mustahil. Kalo pandangan gue ini salah coba deh kalian tanya pertanyaan sebelum ini ke anak-anak alay lainnya. 
Untuk lebih jelasnya tentang Alay coba baca penjelasan di bawah ini:
Alay - Sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. Alay merupakan singkatan dari anak layangan atau anak lebay. Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan (lebay) dan selalu berusaha menarik perhatian. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup. Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan. Dalam gaya bicara, mereka berbicara dengan intonasi dan gaya yang berlebihan. 
Alay merupakan sekelompok minoritas yang mempunyai karakterisitik unik di mana penampilan dan bahasa yang mereka gunakan terkadang menyilaukan mata dan menyakitkan telinga bagi mayoritas yang tidak terbiasa bersosialisasi dengannya. Biasanya para Alayers (panggilan para Alay) mempunyai trend busana tersendiri yang dapat menyebar cepat layaknya wabah virus dikalangan para Alayers yang lain, sehingga menciptakan satu keseragaman bentuk yang sedikit tidak lazim. Namun juga memiliki aturan huruf tersendiri, yaitu para alayers hanya diperbolehkan memakai 13 abjad huruf saja. Sisanya angka dan simbo
Udah jelas kan? Ambil kesimpulan tersendiri ya dari wacana di atas.
Gue sih dulu mengambil kesimpulan bahwasanya Alay itu mereka yang menggabungin simbol, huruf dan angka dalam ketikan mereka. Simple kan, itu pemikiran gue waktu SMP tentang anak alay. Bahkan sangkin penasarannya gue penah nyobain ngetik sms dengan gaya ketikal seperti anak alay. Tapi akhirnya gue sadar, gue terhenyak ke dinding dan merenung. Alhamdullilah gue jadi manusia normal sampai saat sekarang ini.
**
Ini masih tentang bahasa alay anak zaman sekarang. Bagi orang awam kayak gue ini membaca tulisan alay itu memang susah sekaligus rada-rada rumit, kening berkerut-kerut ketika membacanya, mata jadi menyipit, kepala cenat-cenut. 
Di bawah ini ada sebuah dialog yang lucu antara temen gue dengan anak alay (Via BBM). Dialognya gue beri judul Percakan manusia awam dengan manusia Alay”. Selamat membaca obrolan anak 4l@Y.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Keterangan : A = ANAK ALAY; B = TEMEN GUE
A = Alluw kag! Leh knal? Ap kBrx?
B = Wa’alaikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh…Dengan hormat, sampainya pesan ini, saya akan memberitahukan bahwa kabar saya baik-baik saja…. Maaf beribu-ribu maaf, Ini gerangan nomer siapa ya? Kok acap kali sms nomernya ga ke save ya? (bales sepanjang mungkin)
A = Owh ea muuph lupa ng@s1h s4L4m,,,, Ini EnDoet LuThuwna EmbeM C@ianK Cmu@na. Inged gag kag? Eh, kug blzna pjg bgd ch? Gi ng4ps?
B = Yaiyalah panjang…. Lagian ga dibayar perhurup inih! Gw lagi mabok nerjemahin kata2 lo nih. Keypadnya ilang2an ya? Oh elo…. Eh, siapa tadi? Tembem semua? Perasaan temen-temen gw kalopun ada yang tembem paling sebagian dipipi doang. Ga sampe seluruh badan dah.
A = Huft …Plz dund…bkn t3mb3m cmu4, tp ’emb3m c@iank cMuana’. W AD klaz xmp lw dlu. J4h@d bgd d3ch……fufufuuu :’(
B = Yeeee mana gw apal. Adek kelas gw kan ada banyak. Bayangin misal sekelas ada 25 murid cewe. Dikali 9 kelas. Nah, itung ndiri dah tuh ada berapa! Itu belom dari sekolah2 laen. Mereka kan gw anggep adek kelas gw semua walopun mereka ga nganggep gw. Coba? Masa iya gw apalin atu2. Lu kira gw petugas sensus! Eh itu sebenernya huruf ’a’ mau lo ganti apasih? Jadi angka 4 apa a keong (@)? Satu aja ribet apalagi dua gw bacanya. Plin-plan lo ah
A = Ea mu’uph kag…. Abzn udh kbi@s44n kag. Jng mrh dund… hix… hix… Oh ea y.. Kn ad bnyk ea… muv dh muv.. Eh kag, w inged loh qt dlu prNh kut xkul PeNcak sLt bReng jG.
B= Jorok lo ah
A = Pencak SILAT kak!!!
B = Ooohhh…. Nah itu bisa nulis bener
A = Tp w kluwar paz 5aBuk quNink. Gag kwt. Uji4nna bRad bGd
B = Gw ga pernah ikut pencak silat. Gw ikut cheers. Yang dipaling atas formasi piramida kan gw. Lagi pula kalo gw ikut pencak silat, sabuknya ga muat
A = Iyh yng bn3r kag? Bc4nd@ aj dh wkwkwkwkwkwkwkwkwk!!!
B = Etdah lo ketawanya serem amat kayak burung gagak.
A = Eh kag BTW n0m3r hpx kog ckep amad ch? Ky orangx
B = Nama gw bukan betawi.
A = Mksd w ’by the way
B = Kenapa emang JALANnya?
A = OMONG-OMONG!!!!
B = Oh… ga tau nih.. Beruntung aja dapet nomer bgini
A = Dpt dri m4n4 kag?
B = Hadiah es orson. Penting amat
A = Kag kuq fesbukx lum d k0nfr1m?
B = Confirm! Bukan Kon-frim! Oh yang foto profilnya dari atas sambil manyun2 itu lo ya? Gw kira fanpage-nya Suneo. Belom-belom. Ntar deh kalo angel foto lo udah bener. Eh, unyeng2 lo ada 5 ya? Ampe keliatan. Banyak amat. Situ pake ekstensen unyeng2?
A = Iyh ka2g bC@nd4 aj@ dh. 1tukan age’ ngetrend kag futu dri @ta5. Mak1n gaG kli4t@n mukax, makin keyenz!
B = Yaiyalah. Gimana mau keren kalo muka lo keliatan. Coba dong sekali-sekali foto profilnya diganti pake fotokopi. Burem, perkecil, bolak-balik.gitu.
A = Mangx uj14n!
B = Biar ga keliatan muke lu. Katanya makin ga keliatan makin kerennn… Gw yakin asli lo ga sebagus di foto kan? Nih udah gw confirm. Eh, itu foto2 lo banyak banget yang jari tangan angka satu dimulut. Lagi ngelonin orok sapa lo? Astagaaaa.. Lo ga juling foto dari atas semua?
A = Gag. Udh b1aza k0g. Eh, kag mang gi onlen ea? Onlen d kul ap dihumz?
B = Eh kalo bahasa alaynya ”onlen di WC SPBU” apaan? Salah semua tuh option lo
A = Ih… kakak joyokkkk…
B = Kadir ga diajak?
A = Itu Doyok kaaaggg…. Yah, w lgi gaG onlen niyh kag. Cb klo qt sm” onlen, kn bs chat b4r3ng
B = Kita? Lo aja kali ama kawan2 lo. Lagian yang minta lo biar onlen sapeh?!
A = Hix..Hix…Jahad :’( Kag kug lum bubu siyh? Kn udh mlm. Mang lum ngantug ea?
B = Gw ga pernah ikut MLM deh
A = ’Malem’ Kag maksudx….
B = Udah gede ini. Lagian sembari ngelembur ngerjain tugas nih.
A= Cemangadh!
B = Hdagnamec
A = Paan tuch Kag???
B = Tulisan lo gw balik. Bingung gw nanggepin bahasa lo. Eh tulisan lo bisa di normalin dikit ga? Sedikiiit aja demi gw
A = Oh ea deh kag..
B = Eh, ko gw baca status-status lo semuanya ngambil dari lirik-lirik lagu ya??? Keabisan ide lo? Mana udah di ’Like’-in sendiri, trus ga ada yang comment pula.
A = Eaaa… Abisan w suka bgd kag sm lgu it. Co cweet bgd dech. It jga da lgu” knangan sm mantan w dlu
B = (Emang gw pikirin).
A = Ohiya kag! Bsk lusa jm 9 pgi d ”salah satu stasiun tv” nntn w ya!
B = Itu kan acara live musik itu kan?! Yang penontonnya satu panggung sama artis/bandnya. Trus sambil nari2 kompak banget dibelakangnya. Lo jadi artis toh sekarang? Grup band lo apa namanya? Salut gw. Pasti lo jadi vokalisnya ya? Apa lo soloist?
A = Bukan kag, gw jadi penontonx.
B = ???!!!!!!! (Keselek)
A = Ea, yng pnting msk tv kag! Gw ma rombongan udh nyiapin tarianx lho kag. Biar kompak nnti narix. Nama tarianx ”Ngucek-Jemur-Ngucek-Jemur”. Tau dund kag ky gmana. Gag ngaruh deh mw bandx apa aliranx apa.
B = Trus kalo bandnya metal gimana??? Masa lo mau tetep joget ”Ngucek-Jemur”?
A = Ya gag ap kag. Lgan band metal mah gag mgkin d hadirin kag. Kyk ga tau aja kag..
B = Yaudah deh, selamat joget ya. Kakak mo tidur dulu. Oia, besok lusa, pagi2 kakak ga bisa nonton situ joget ”Ngucek-Jemur”. Soalnya kakak sibuk mau bikin anyam2an sedotan. Babay!
A = Bye… Met bubu kag. Eh kag, ntr jm2 bolax pa?
B = Hah?! Lo suka nonton bola pagi2 juga?
A = Yaelah bgadang nntn bola wajar x kag
B = Lo cowo apa cewe sih?!
A = Cow. Mang np?
B = Lah itu foto2 difesbuk?!
A = Itu mantan” w kag. Fto w d album ”pHot0 Quuh”
B = ……………………………….
A = Kag?
B = Eh iya sori. Udahan dulu ya. Gw baru ngeliat UFO nih..Bye!..
**
Dialog ini gue ambil dari kontak BBM teman yang gak sengaja gue baca, karna menurut gue lucu jadi ya gue publikin aja ke artikel gue yang ini. 


Pesan moral yang dapat kalian ambil :
Jadilah manusia biasa, bukan menjadi manusia yang luar biasa dengan segala keanehan yang kalian perbuat. 

Follow twitter gue ya @Febriypondlif

30 komentar:

  1. Menusut gue sih alay itu aneh =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksutnya menurut *salah fokus

      Hapus
    2. Haha.. salah ketik sgala, bener alay itu memang aneh (:|

      Hapus
    3. Iya nih bro, mata gue ngeblank ketika baca percakapan diatas.
      makanya bisa salah ketik

      Hapus
    4. Yaudah mata lo di permak aja sana bro. :p

      Hapus
  2. heheh.. ngakak tuh percakapannya kak :))
    gue pribadi ya kak kalau berlawanan ngetik dgnn orang alay lebih baik gue read aja, percuma di ladenin :7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diremove aja kontaknya sekalian :-q

      Hapus
  3. dokter mata mana... mata gw kena kanker abis baca percakapan alay

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHA :))
      Matanya perlu di operasi tuh bang :-w

      Hapus
  4. ya alloh niat banget lo kak bikin postingan kyk beginian.. percakapannya ngaco semua :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niat dong, kalo gak niat postingan ini juga kagak jadi-jadi :-bd

      Hapus
  5. aduh percakapannya lucu ya.. jujur aku baca postingan singkat ini sampe setengah jam lebih demi mengartikan ketikan dia :3 coba dikasih translate biar aku lgsg ngeh pas baca :( ada berapa byk lagi orang alay seperti itu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busted! Eh busyet.. :-O
      Translate nya sih kagak ada, yang jelas orang alay di indonesis sudah banyk populasinya :-/

      Hapus
  6. Haha. Mata gue kecengklak, tulisan anak alay emang lebih susah dipahami dari pada nama-nama species aneh di buku biologi. BTW(bukan betawi), Nice article! =D7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahakkg *keselek
      Makasi ya bro pujiannya, sering-sering mampir ya :-bd

      Hapus
  7. gue udah pernah baca dialog itu... dan gue ga mau baca kedua kalinya.... *ga mau puyeng lagi*
    pesan: alay boleh saja, asal ada perlunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha =)) Menurut gue menjadi orang alay itu gak perlu, gak ada gunanya. Gue sih lebih milih jadi diri gue sendiri aja, menjadi orang 'AWAM' :-bd

      Hapus
  8. haha ah gila kecemplung abis.. :))

    BalasHapus
  9. Dulu gue juga alay eh, tapi dulu eh. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sekarang udah taubat kan.. Syukur deh :-bd

      Hapus
  10. Tapi ga asyik ah jadi manusia biasa mah. Bakal gampang terlupakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada menjadi manusia alay yang selalu di bully kan, emang kamu. Gue mah geleng-geleng kepala :-O

      Hapus
  11. Balasan
    1. Ogah ah :-O Itu cuman teks percakapan, percakapan manusia awam dengan manusia alay :-S

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. bikin ngakak ja percakapannya

    BalasHapus